SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS

SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS
WALHI MALUT Aksi Teatrikal Hari Anti Tambang

Rabu, 15 Juni 2011

Walhi Gelar HANTAM


Malut Post, 30 Mei 2011


Ternate-Memperingati hari anti tambang (Hantam), Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi Malut) mengelar aksi di depan RRI Cab ternate Kemarin (29/5).

Menager Kampanye Walhi Malut Fahruddi Maloko Menyatakan 29 Mei merupakan hari anti tambang. Hari ini ditetapkan dalam pertemuan nasional jaringan advokasi tambang (Jatam), 6 mei 2010.

Bagi walhi, eksploitasi tambang dimalut sudah gila-gilaan dan berdampak buruk lingkungan masyarakat. “sekarang ini juga dengan ulah perusahaan tambang justru berimbas pada menurunya perekonomian masyarakat loka” kata Fahruddin.

Walhi menyebut sejumlah contoh kasus akibat kehadiran perusaan tambang, kasus-kasus itu antara lain, Bocornya Pipa Tailing PT NHM, yang berdampak buruk terhadap warga sekitar dan menurunya produktifitas perkebunan masyarakat dan kasus yang dialami 1850 Kepala Keluarga di wilayah PT. weda Bay Nikel (WBN) Halteng yang saat ini terancam pengalihan kawasan hutan lindung seluas 4.378 Ha untuk aktifitas pertambangan.”selama ini rakyat selalu menjadi tumbal setiap kali menuntut haknya kepada perusahaan”, ujarnya.

Dalam aksinya, walhi menyatakan perusahaan tambang harus bertangung jawab atas hilangya mata pencaharian masyarakat lingkar tambang akibat kehadiran perusahaan tambang. (wt-fai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar