SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS

SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS
WALHI MALUT Aksi Teatrikal Hari Anti Tambang

Minggu, 26 Juni 2011

Sebagian Peralatan Deteksi Gempa Malut Tak Berfungsi Sejak Dipasang


Thursday, 23 June 2011 10:11
Erwin Jamilgo

KBR68H, Ternate – Perangkat komputer untuk merekam dan mendeteksi terjadinya gempa bumi milik sejumlah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Utara tidak berfungsi sejak dipasang.
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Maluku Utara Lutfi Hamisi mengatakan, perangkat yang rusak sejak 4 bulan lalu merupakan bantuan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika untuk BPBD Maluku utara dan BPBD Halmahera Utara. Perangkat komputer lengkap dengan server berfungsi untuk mendeteksi pusat dan kekuatan, jika terjadi gempa bumi.

“Bantuan untuk informasi ketika terjadi bencana itu, namun persoalannnya bantuan itu setelah dipasang mengalami kendala, kendala itu juga sampai pada tingkat kabuapten kota seperti kabupaten Halmahera utara, malah lebih parah lagi Halmahera Utara sejak alat itu dipasang awal tahun 2011, tidak bisa berfungsi sampai sekarang.”

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Maluku Utara Lutfi Hamisi menambahkan, BPBD telah melaporkan soal ini kepada BMKG pusat. Namun hingga kini belum juga ditindaklanjuti. Saat ini, untuk mengetahui kekuatan gempa yang melanda Maluku utara, BPBD terpaksa meminta data dari BMKG setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar