SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS

SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS
WALHI MALUT Aksi Teatrikal Hari Anti Tambang

Rabu, 15 Juni 2011

AIR BERSIH TERCEMAR LIMBAH NHM


Posko Malut, Senin 19 Juli 2010

TOBELO-OPM, masyarakat wilayah kecamatan Kao teluk daerah kabupaten Halmahera Utara, Khusunya mendiami areal lingkar tambang PT NHM, mengeluhkan kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Kebarnya, air yang mereka biasa mengkomsumsi saat ini sebagiannya telah tercemar limbah perusahaan emas asal Negara Australia.

Rahmat Wali, salah satu aktifis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) perwakilan Maluku utara ketika dihubungi mengakui limbah yang mencemari air bersih masyarakat setempat berasal dari sisa olahan emas PT NHM, yang dibuang melalui aliran sungai Bora terus mengalir sampai ke sungai kobok.

Selain air bersih yang tercemar, Rahmat, juga menyebut dampak lain juga mempengaruhi hasil perkebunan masyarakat setempat. Hasil kebun kelapa milik masyarakat di sekitar sungai tersebut, juga menurun akibat resapan tanah terhadap limbah.

Menyikapi permasalahan ini sebelumnya WALHI telah mengajukan kasus tersebut ke DPRD Halut untuk segera dilakukan solusi. Namun, upayanya mengalami jalan buntu karena hingga saat ini belum ada informasi balik dari pihak DPRD setempat.

WALHI juga mencatat peningkatan terhadap pencemaran lingkungan dari tahun 2006-2010 meningkat drastis. Dan pihak yang paling bertanggung jawab menurut Rahmat adalah PT. NHM.

WALHI juga telah berupaya melakukan pertemuan segitiga, baik antara Pemda, masyarakat dan pihak perusahaan guna mencari solusi agar masyarakat jangan tersiksa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar