SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS

SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS
WALHI MALUT Aksi Teatrikal Hari Anti Tambang

Rabu, 15 Juni 2011

Tiga Minggu Kandas, Kapal Pengangkut Ore Belum Dievakuasi.


Malut Post
Rabu, 01 Desember 2010.

Maba-kapal pengangkut tanah yang mengandung nikel (ore) kandas di perairan teluk buli sejak bulan lalu, belum juga dievakuasi.

Kapal dengan nama noble hawk, menabrak karang (rep) Tosimdiro yang berada sekitar 3 kilometer adari kota maba. Menurut sejumlah warga, karena ada penanda, maka kapal tersebut memasuki kawasan yang kedalaman lautnya dibawah 10 meter. “kapal tersebut milik PT. BMS, “ kata Din, warga mabapura, kapal tersebut penuh muatan dan berencana mambawa ore ke luar negeri. Kondisi kapal tersebut terlihat miring, dan dikuatirkan bagian tengah kapal tersebut mulai retak karena bergesekan dengan batu. Akibatnya, sebagian muatan telah tumpah ke laut. “Rencananya semua kru kapal akan diturunkan,”tutur selah seorang ABK. Dia menolak membawa wartawan ke kapal, karena harus meminta izin dari nahkoda.

Untuk mengevakuasi kapal ini, masih menunggu bantuan alat dari seingapura. Kapal tongkang dari singapura. Kapal tongkang dari singapura akan membawa pompa besar untuk memompa air laut yang masuk ke badan kapal.

Sementara sejumlah instansi terkait seperti dinas perhubungan Haltim dan Buli, belum mengetahui informasi kandasnya kapal tersebut, “ saya belum mendapat informasinya nanti dicek dulu, kata sekretaris KNPL, Buli Buce Nara.(*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar