SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS

SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS
WALHI MALUT Aksi Teatrikal Hari Anti Tambang

Rabu, 15 Juni 2011

IKAN DI SUNGAI MATI MENDADAK


Radar Halmahera, 30 Mei 2011

Tobelo, ikan dan belut disungai tolabit desa waringin jaya di kec. Kao barat (kabar) yang merupakan salah satu anak sungai yang muaranya berhubungan dengan sungai kobok yang berada pada kawasan lingkar tambang PT. NHM, secara mendadak ditemukan mati.

Selain itu warga yang bermukim di sekitar sungai yang setiap harinya digunakan untuk komsumsi dan MCK di sungai itu, juga mengeluhkan sakit rematik.

Hal itu diakui langsung oleh anwar kasim, kepala desa beringin agung yang menghubungi radar Halmahera kemarin. Menurutnya, dalam dua pecan terakhir ikan yang ada disungai mati tiba-tiba. Sebelum mati, ikan-ikan itu menampakan badanya luka-luka layaknya terkenal racun. 

Dilantas menjelaskan sungai “kita belum bias pastikan kalau panyakit yang diderita warga karena mengkomsumsi air sungai sebab belum ada pemerinksaan kadar racun yang mengalir di sungai melalui laboratorium. Jelas anwar.

Dia mengaku, paska munculnya penyakit rematik dan diikuti matinya biota sungai secara mendadak, warga saat ini kata dia sudah takut untuk mengkomsumsi air sungai.”air dulunya bersih, sekarang so kotor”, akuinya
Dengan adanya keanehan itu, pihaknya berencana senin ini mendatangi badan lingkungan hidup (BLH) pemkab halut untuk malaporkan situasi sungai yang berdampak pada kematian biodata sungai yang secara tiba-tiba.

Bahkan pihaknya juga berencana mengandeng wahana lingkungan hidup Indonesia (Walhi) Malut untuk turun melakukan investigasi kadar air sungai. Ini dilakukan, selain untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, juga menjawab keresahan warga yang sudah berlangsung selama beberapa minggu terakhir.
“besok (senin,red) kita berencana laporkan kondisi yang terjadi di sungai tolabit di BLH disertai dokumentasi foto-foto. Dan berharap dapat ditangapi karena sudah meresahkan warga masyarakat beringin agung”, pintanya.

Sebagaimana diketahui, sungai tolabit sendiri merupakan anak sungai dari besar yang berada di hutan koa dan muaranya bertemu dengan sungai-sungai besar yang ada di kec. Kao seperti sungai kobok dan sungai-sungai lainya.

Bahkan secara geografi, anwar  mengaku antara sungai tolabit dengan NHM tidak terlalu jauh.”kalau malam, dari lau torang dap alia kadara lampu NHM”akuinya. (Cal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar