SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS

SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS
WALHI MALUT Aksi Teatrikal Hari Anti Tambang

Jumat, 03 Januari 2014

JURNALISME KOMUNITAS DAN PEMANASAN GLOBAL MENGGEMA DI RUMAH KEPALA DESA KOLORAI




DARUBA - Ditengah kesibukan berinteraksi dengan laut, warga Desa Kolorai, Kecamatan Morotai Selatan, turut pula menyempatkan waktu untuk tukar gagasan dalam Diskusi Kelompok Fokus yang digelar Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Maluku Utara pada Selasa (26/11) kemarin.

Kegiatan dengan tema “Jurnalisme Komunitas dan Metadata Dalam Perspektif Pemanasan Global di Maluku Utara” itu dilangsungkan di kediaman kepala desa dengan dihadiri oleh sepuluh peserta.

Di dalam forum terbangun dialog cukup alot terkait dengan wacana perubahan iklim. Selain itu penjelasan kasuistik tentang gejala alam yang dijadikan sebagai indikator proses pemanasan global tengah mengada pun turut disentil.

Satu peserta kemudian meresahkan nasib kampung Kolorai kedepan yang menurutnya tengah terancam oleh intensitas ombak air laut yang senantiasa mengikis tepi daratan bagian barat pulau. Dari situ, tujuan jurnalisme komunitas terjelaskan kemudian sebagai wadah publikasi kampung yang berangkat dari inisiatif lokal.

Kepala Desa Kolorai, Sardjan Ismail, yang sedari awal memberikan dukungan terhadap kegiatan ini berharap beberapa peserta dapat dilatih khusus untuk menulis.

“Membuat berita tentang desa termasuk mengabarkan spot-spot wisata alam di sini. Mempromosikan Kolorai sebagai desa wisata.” Canda pak Kades periode 2008-2014 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar