SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS

SAY NO TO MINING IN NORTH MOLUCAS
WALHI MALUT Aksi Teatrikal Hari Anti Tambang

Selasa, 12 November 2013

Belajar Menulis di Rumah Hijau

Ternate – rumahalir.or.id WALHI Maluku Utara mengadakan kegiatan belajar menulis. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan kabar kampung di wilayah kepulauan.

Menurut koordinator kegiatan, Fahrizal Calo Dirhan, kelas yang diadakan Sabtu (09/11) ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman dan melatih peserta untuk dapat menulis dengan baik, khususnya penulisan berita.

“Kami menyediakan ruang bagi mahasiswa, agar bisa mendapat pengetahuan tambahan, selain yang mereka peroleh dari kampus. Karena menurut kami, generasi muda sebagai tonggak penggerak, harus dibekali dengan pengetahuan yang banyak, agar bisa melakukan perubahan,” kata Fahrizal Calo.

Pada kegiatan belajar kali ini, menghadirkan Budi Nurgianto, sekretaris AJI Kota Ternate, sebagai pemateri.

Manager Advokasi Hukum dan Pendidikan Rakyat, Rasman Buamona mengatakan, masih banyak masyarakat Maluku Utara yang kesulitan mengakses informasi, baik itu informasi kerja-kerja pemerintah ataupun tentang informasi sehari-hari, karena wilayah tempat tinggal mereka yang sulit untuk dijangkau.

“Salah satu penyebab lambatnya perkembangan masyarakat pulau di Maluku utara yang luas lautnya 67% dari total luas Propinsi Maluku Utara karena tidak ada sumber informasi alternatif yang menghubungkan mereka dengan perkembangan. Mereka bisa membaca koran, majalah dan lainnya jika mereka pergi ke daerah-daerah pusat pemerintahan, atau ada orang dari luar yang membawa ke tempat mereka,” kata Rasman.

Dia melanjutkan, “dalam kegiatan ini, kami menyiapkan orang-orang yang kemudian bisa menjadi fasilitator jurnalisme warga, sekaligus mereka juga sebagai penyampai informasi tentang kondisi realitas yang terjadi di wilayah-wilayah kepulauan, yang jarang dijangkau oleh pemerintah maupun media mainstreem.” Muhammad Safwan Syahdan, salahs atu peserta kegiatan belajar mengatakan, “kami mendapat banyak masukan tentang bagaimana menulis pemberitaan dengan benar. Kegiatan belajar ini juga sangat berguna untuk kami yang belum paham bagaimana kerja-kerja jurnalis. Disamping itu, merangsang kami untuk lebih rajin membuat pemberitaan tentang kondisi sesungguhnya masyarakat di kampung-kampung, di wilayah pulau yang jarang menjadi perhatian,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar